Jumat, 20 April 2012

Photoshop Tutorial – Membuat Ketupat

Langsung saja pada langkah tutorial yang pertama. Buat dokumen baru berukuran 400×400 px dengan warna latar putih.
Cari image ketupat dan letakkan di atas Layer Background. Image ketupat bisa anda download di sini atau di sini

Ubah Foreground color dengan warna kuning kehijauan. Disini saya menggunakan warna # E7F404 dan background color dengan warna # AFB807.
Perbesar tampilan pada area kerja dengan menekan (Ctrl + “+”). Aktifkan Pen Tool

Bentuk kotak-kotak kecil yang membentuk ketupat secara utuh satu per satu sampai semua kotak-kotak menutupi ketupat secara keseluruhan.

Sekarang kita mempunyai 16 layer yaitu Background, Layer 1 yaitu image ketupat dan 14 Layer Shape. Aktifkan Convert Point Tool.

Aktifkan Shape 1 dengan cara klik Layer Shape 1 pada Palet layer, klik pada garisnya. tarik titik-titik pointer sehingga menyerupai bentuk kotak asli image ketupat yang ada di layer bawahnya.

Hilangkan tanda mata pada palet layer jika kita ingin melihat bentuk kotak pada image ketupat aslinya. Langkah ini dilakukan jika kita tidak yakin apakah titik-titik pointer yang kita tarik sudah menyerupai bentuk image aslinya.

Begitu juga untuk shape 2. Aktifkan layer Shape 2 dengan klik pada layer shape 2 pada palet layer. Dengan Convert Point Tool masih aktif, klik pada garis shape 2 lalu tarik titik-titik pointernya sehingga menyerupai bentuk kotak pada image ketupat asli yg ada di layer 1
Edit semua shape atau kotak-kotak yang telah kita buat satu persatu dengan cara seperti di atas sehingga semua shape menyerupai bentuk ketupat asli yang ada di layer 1. Lakukan dengan senang hati dan sabar ya, ::D butuh ketelatenan memang untuk melakukan langkah ini,
Rasterize semua layer dengan cara klik kanan pada layer lalu pilih rasterize.
Klik pada shape1 sambil menekan tombol Ctrl untuk menyeleksi Shape 1
Aktifkan Gradient Tool. Buat gradasi sesuai dengan gradasi pada image ketupat aslinya.

Begitu juga untuk shape 2 dan seterusnya. Lakukan langkah seperti di atas. Klik ikon mata pada palet layer untuk melihat image aslinya dan klik lagi untuk memunculkan ikon mata jika kita ingin kembali pada shape.

Seleksi Shape 1, aktifkan Brush Tool, ubah warna brush menjadi hijau dan opacity 70%. Untuk ini saya menggunakan warna hijau daun # 629502.

Create New Layer. Buat arsiran seperti gambar berikut atau sesuaikan dengan image ketupat asli yang ada pada layer 1.
Lakukan juga langkah di atas untuk shape 2 dan seterusnya.

Aktifkan kembali Shape 1. Berikan efek Iner Glow dengan cara double klik pada layer shape 1 atau pada toolbar, Layer => Layer style dan berikan pengaturan seperti gambar berikut.
Klik kanan pada Layer Shape 1, Copy Layer Style.
Klik kanan pada layer Shape 2, Paste Layer Style. Lakukan juga pada layer Shape 3 dan seterusnya.
Ubah warna foreground menjadi # 727802. Aktifkan Pen Tool dan buat bentuk seperti berikut.
Geser posisi Layer Lhape15 tersebut sehingga berada di bawah Layer Shape 1. Lalu rasterize layer dengan cara klik kanan, pilih rasterize. Sembunyikan atau delete Layer 1 (image ketupat asli)
Link-kan semua layer kecuali layer background dengan mengaktifkan ikon rantai pada tiap layernya.
Layer => Merge Linked. Sehingga kini kita hanya mempunyai layer background dan Layer Shape 15 saja
Tambahkan sisa bentuk ketupat menggunakan pen Tool. Bentuk ketupat sudah kita dapatkan. Semoga langkah yang panjang ini tidak membuat punggung anda pegal seperti yang saya alami :D

Duplikat layer ketupat ini. Edit => transform => Flip Horizontal. Lalu perkecil ukurannya dan atur sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang lebih menarik. Tambahkan efek filter plastic wrap untuk memberikan kesan artistic.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share To