Sabtu, 26 Mei 2012

Memaksimalkan Fungsi Flashdisk Selain Media Penyimpan dan Transfer File




Semua orang pasti menggunakan Flashdisk, sebuah storage berukuran fisik kecil tetapi mempunyai kapasitas penyimpan hingga yang terbesar saat ini adalah 64GB. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai berukuran kecil, bentuk boneka, warna-warni  dan lain-lain.
Tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya Flashdisk ini bukan hanya berfungsi untuk memindahkan/transfer file atau menyimpan dokumen atau file penting di dalamnya? Sebenarnya banyak fungsi yang bisa didapatkan dari benda sekecil ini. Meskipun fungsi utama memang untuk menyimpan dan mentransfer file tetapi apabila ditilik sebenarnya mempunyai fungsi lain yang cukup berguna. Seperti yang dikutip dari Cnet, berikut tips dan trik menggunakan Flashdisk
1. Kunci Komputer dengan flashdisk
Gunakan software Predator untuk merubah USB Anda menjadi sebuah Kunci. Kunci yang dimaksud adalah mengunci komputer Anda ketika Flashdisk dicabut dari komputer dan membuka kunci ketika flashdisk terpasang di komputer. Apabila dalam kondisi terkunci, ada yang ingin menggunakan komputer makan akan tertulis pesan Access Denied pada layar.
2. Scanning Virus dengan flashdiskInstall Antivirus AVG rescue yang bisa dimasukan ke dalam Flashdisk Anda. Lalu colokan flashdisk tersebut apabila Anda ingin menggunakan komputer tersebut agar bisa scanning virus. Apabila berjalan lancar, maka komputer tersebut aman digunakan
3. Jalankan aplikasi , games dan utilities dari Flashdisk
Dengan Flashdisk Anda bisa menjalan aplikasi seperti Firefox, chrome, Open Office dan lain-lain. Game-game ringan berbasis Flash pun bisa dijalankan menggunakan Flashdisk
4. Install dan Tes Windows 8 atau Linux dengan flashdisk
Mau mencoba merasakan Windows 8? Bisa menggunakan Flashdisk dengan menginstall consumer preview. Atau ingin mencoba Linux di Komputer? Semua bisa dilakukan dengan hanya menggunakan Flashdisk. Caranya? Google bisa membantu sepertinya..:)
5. Penyimpanan yang aman
Jadikan penyimpan yang aman dengan mengenkripsnya. Apabila flashdisk hilang ataupun dicuri tetap aman.
6. Mengatur dan Memaintain komputer Anda dengan flashdisk
Install Parted Magic, software untuk mereset password di Windows, clone sytem dan juga partisi hardisk hanya melalui flashdisk.
7. Install Windows 7 di Mac
Anda bisa menggunakan flashdisk untuk menginstall Windows 7 di Mac. Sehingga Mac Anda bisa menjadi dual boot.
Menarik bukan? Jadi mulai sekarang berdayakan flashdisk Anda dengan mencoba tips diatas, agar flashdisk Anda yang berkapasitas besar bisa mempunyai fungsi lain daripada hanya menjadi media penyimpan atau untuk transfer file saja. 
Sumber : Jeruknipis.com
Tags: DiskDriveFileFlashSaveSimpanStorageThumbTransfer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share To