Senin, 10 September 2012

Kuliner Bogor - Liong Bulan, Kopi Khas Bogor



Wisata Kuliner Indonesia #238
Kopi Liong Bulan - Bogor


"... Coffee doesn’t need a menu, it needs a cup - Denis Leary"
Saya nyengir sendiri baca quote di atas, ya sekarang kopi sudah bertransformasi menjadi banyak varian minuman. Sebut saja mochaccino, frappaccino, cappuccino, dan aneka menu turunan kopi lainnya yang ditawarkan oleh kedai-kedai kopi mewah di berbagai penjuru kota besar. Tapi buat saya kenikmatan ngopi itu ya kalau minum kopi hitam tanpa aroma tambahan lainnya. Dan Indonesia merupakan surga akan aneka varian kopi unggul. Sebut saja Kopi Lampung, Kopi Toraja, Kopi Medan, Kopi Aceh, Kopi Flores dan sebagainya, setiap daerah punya produk kopi khas yang menjadi unggulan mereka.Bagaimana dengan kota tempat saya tinggal, apakah ada kopi khas Bogor?

Tak terkecuali di Kota Bogor, ada Kopi Khas yang cukup melegenda dan punya banyak pelanggan setia di kota ini, namanya Kopi Liong Bulan. Saya mengenalnya pertama kali ketika masih "memburu" istri saya tercinta di Kota Bogor sekitar tahun 2005. Oleh calon ibu mertua saya pada saat itu saya ditawari untuk menikmati kopi Liong Bulan ini, disitulah perkenalan pertama saya dengan salah satu, menurut saya, produk lokal dengan kualitas interlokal :) Walaupun saya bukan peminum kopi fanatik, tapi Kopi Liong Bulan ini memang memberikan aroma yang pas, rasa asam yang biasa kita temui kalo menyeduh kopi instant, tidak terasa ketika kita mengguyur bubuk kopi Liong Bulan ini dengan air mendidih. Sluruuuppp...

Kopi Liong Bulan, merupakan kopi khas Bogor, sehingga dengan mudah ditemui di banyak warung di Kota Bogor dengan harga yang juga sangat terjangkau. Di warung depan rumah saya, untuk kemasan 80 gram cukup ditebus dengan harga 4ribu rupiah, sedangkan untuk kemasan 200gr harganya 9ribu rupiah. Ada juga kemasan sachet satu kali minum seharga 800perak sudah termasuk gula. Dan walau kalah tenar dibanding Kopi Ulee Kareng-Solong Aceh ataupun Kopi Aroma Bandung, tapi buat para pelanggan setianya, Kopi Liong Bulan tidak tergantikan. Dan memang kalau mau ngopi yang bener ya mari kita minum "kopi rasa kopi", bukan rasa yang lain :)
Seperti ujar Denis Leary juga: "What happened with coffee? ... They have every other flavor but coffee-flavored coffee."
Selamat menyeruput Kopi Khas Bogor: Kopi Liong Bulan...

Catatan: Quotes Denis Leary diatas diambil dari: dailyshotofcoffee.com

Read more: http://www.banyumurti.net/2012/08/kuliner-bogor-liong-bulan-kopi-khas.html#ixzz263kym9MQ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share To