Senin, 10 September 2012

Kuliner Bogor - PSK di Puncak


Wisata Kuliner Indonesia #194
Sate Kiloan PSK
Jl. Raya Puncak - Bogor


"Emang top nikmatin PSK di Puncak, apalagi malem-malem pas lagi dingin-dinginnya". Eits, jangan berpikiran ngeres dulu... Kalimat itu memang bisa berkonotasi negatif, tapi buat para pecinta sate di Bogor dan Jakarta tentu sudah mahfum bahwa PSK itu sendiri bukan kepanjangan dari "Pekerja Seks Komersial" tapi "Pedagang Sate Kiloan". Ya, kalau menginap di kawasan Puncak ini saya menyempatkan diri untuk menikmati dahsyatnya sate kambing di Sate Kiloan PSK. Kenapa disebut "sate kiloan"? Soalnya, berbeda dengan penjaja sate yang menjual "porsi" satenya berdasar jumlah tusuk sate yang dihidangkan, di PSK kita memesan sate bukan "berapa tusuk" tapi "berapa kilo". Umumnya satuporsi adalah 1/4 kg yang bisa menghasilkan sekitar 12 tusuk sate dengan potongan yang cukup besar. Sate Kambing PSK ini memang cantik, walau potongannya besar-besar, daging sate PSK ini tetap lembut, tidak butuh perjuangan untuk melepaskannya dari tusuknya. Belum lagi bumbu berbahan dasar kecap yang meresap ke dalam daging.. Sluruuupp... Supaya lebih lengkap, sate kambing ini disajikan dengan potongan tomat, cabe rawit dan bawang merah. Tinggal dikucuri kecap... Sempurna!

Menu favorit saya di Sate PSK ini: Sate Ati. Yup, Sate ati di sini enak banget. Daging ati kambing dengan tekstur yang khas dibumbui kecap dan dibakar dengan tingkat kematangan yang pas. Wah, kalo gak inget kolestrol, entah berapa tusuk sate ati yang bisa saya sikat di Sate PSK ini.

Sop Kambingnya juga harus dicoba. Kuahnya segar tidak berlemak, potongan tomat sebagai penyegar dan yang paling utama, daging kambingnya yang empuk... Bau prengus khas daging kambing tersamar dalam hidangan sate kambing ini, tidak tercium. Tanda proses pengolahan kambing yang juara, mulai dari pemotongan sampai pemasakan.

Sate PSK di puncak ini merupakan cabang dari Sate Kiloan PSK yang berlokasi di Jl Raya Babakan Mandang No. 2 Bukit Sentul Bogor. Untuk 1 porsi (1/4 kg) sate kambing harganya Rp. 47.000,- sedangkan sop kambingnya bisa kita nikmati dengan harga Rp. 22.000. Rasa dari Sate PSK ini berani diadu dengan Sate Hadori Bandung. Di etalase depan, tergantung beberapa kambing yang sudah "dibantai". Ternyata tidak hanya untuk sekedar display, penggantungan kambing ini ternyata juga bagian dari rangkaian proses pengolahan daging kambing. Konon dengan digantung tersebut, daging kambing bisa menjadi lebih empuk. Lokasi Sate Kiloan PSK Puncak berada di antara ruas jalan Masjid At Ta'awun sebelum Resto Rindu Alam, sebelah kiri jalan jika dari arah Jakarta/Bogor. Merupakan salah satu pilihan terbaik buat Anda yang mencari tempat makan atau kuliner di kawasan Puncak, selain Resto Cimory di Cisarua. Jadi, buat yang ingin mendapatkan kehangatan dari PSK di tengah dinginnya udara puncak, tapi gak mau berbuat dosa, silakan menikmati hangatnya sajian di Sate Kiloan PSK :)

Read more: http://www.banyumurti.net/2012/01/kuliner-bogor-psk-di-puncak.html#ixzz264CSWK2K

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share To