Rabu, 05 September 2012

Makan di Jakarta: Terjangkau Tapi Nikmat (Bagian 2)

Oleh Gelar Pradipta Utama, Jonathan Rian Christandar, Arya Perdhana

Setelah merekomendasikan dua tempat makan ternikmat di Jakarta, di bagian kedua ini kami kembali menyajikan tujuan wisata kuliner yang tetap terjangkau di kantong namun memberikan kelezatan maksimal di lidah Anda. Berikut di antaranya.

Warung SS: Restonya Penggila Pedas
Waroeng SS (Spesial Sambal) namanya. Resto yang terletak di Jl Margonda Raya, Depok, ini memang khusus dibuat untuk penggemar pedas. Inilah alasan mereka menyediakan (setidaknya) 31 jenis sambal. Dari mulai sambal cumi, sambal terasi, hingga sambal bawang putih. Tingkat kepedasannya pun berbeda-beda, diurutkan berdasarkan rankingnya.
Jangan ragu masuk restoran ini kalau Anda penggemar sambal sejati. Foto: Gelar Pradipta Utama/Yahoo! Indonesia
Selain variasi sambal di atas, ada lagi menu pedas lainnya yang patut dicoba. Ayam Kosek namanya. Perpaduan ayam goreng dengan sambal cabai hijau yang kemudian dicampur dan ditumbuk jadi satu.

Untuk Anda yang kurang suka pedas, siap-siaplah kecewa. Pasalnya, selain menu bersambal, bisa dibilang makanan di Waroeng SS ini biasa-biasa saja. Tidak hanya rasanya, variasi menunya pun, standar. Ayam goreng, babat goreng, hingga pecel lele adalah pilihan utama di resto ini.

Jangan khawatir dengan harganya. Hanya dengan mengeluarkan uang senilai Rp 100 ribu, Anda sudah bisa membuat perut kenyang. Tertarik mencoba?

Bakmi Ahau, sejak 1962
Siapa tidak tahu daerah Mangga Besar? Komplek pecinan yang terletak di dekat pusat kota Jakarta tersebut terkenal dengan hiburan malamnya. Namun bukan hanya itu, di sana banyak terdapat makanan khas etnis Tionghoa yang harus Anda coba jika berkunjung ke Jakarta. Salah satunya adalah Bakmi Ahau.
Bakmi ukuran besar dengan daging babi terbaik ada di sini. Foto: Jonathan Rian/Yahoo! Indonesia
Bakmi Ahau telah ada sejak tahun 1962. Terletak di pinggir jalan raya, dengan gerobak berwarna birunya yang khas, tidak membuat bakmi ini sepi pengunjung. Dengan menu andalannya, Bakmi Babi Komplit, pembeli dimanjakan dengan semangkuk bakmi yang berisi daging babi merah, babi panggang, telur puyuh, baso babi, dan pangsit. Pembeli pun dapat memilih porsi yang ingin mereka makan, mangkuk besar atau kecil.

Harganya memang cukup mahal untuk seukuran bakmi, Rp.25.000 per porsi untuk sebuah bakmi komplit ukuran besar. Namun kenikmatan yang didapatkan bagi penikmatnya, tentu sebanding dengan harganya. Makanan ini lebih nikmat disantap dengan es jeruk atau teh liang dingin.

Bebek Sambal Cabe Hijau Andalan Bebek Kaleyo
Buat penggemar bebek, Anda dilarang melewatkan bebek sambal cabe hijau yang disajikan Bebek Kaleyo. Daging bebek yang digoreng dan dibalut dengan sambal cabe hijau yang melimpah dan menyengat lidah akan membuat Anda terpuaskan. Bila belum puas dengan sambal cabe hijaunya, masih ada sambal cabe merah yang juga tidak kalah nikmatnya.
Mereka yang menggemari daging bebek tak boleh melewatkan kesempatan makan di tempat ini. Foto: Arya Perdhana/Yahoo! …
Selain bebek sambal cabe hijau yang tersohor, Bebek Kaleyo juga punya menu bebek goreng dan bebek bakar. Untuk mengobati pedas, Anda bisa memilih es teler, es campur atau es kelapa muda langsung dari batok kelapanya. Untuk satu orang, makan dan minum di sana cukup mengeluarkan Rp 30-50 ribu.

Di Jakarta, Bebek Kaleyo terdapat di tiga lokasi, di Cempaka Putih (Jakarta Pusat), Rawamangun (Jakarta Timur) dan Tebet (Jakarta Selatan).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share To