Senin, 10 September 2012

sambel lethok

sambel lethokBoyolali jawa tengah memberikan banyak kenangan yang indah dan tak terlupakan buat saya, salahsatunya adalah kenangan saat muncak ke merapi lewat selo boyolali. Sebelum muncak ada teman yang ngajak makan terlebih dahulu dan disinilah pertamakali saya menemukan salahsatu makanan khas boyolali yang katanya bernama sambel lethok. Saat pertama melihat yang terlintas di fikiran saya ini adalah sego tumpang khas kediri, tetapi kata teman saya sambel lethok dan sego tempong berbeda dan untuk membuktikannya saya langsung santap saja.

Setelah sambel lethok masuk ke mulut akhirnya saya baru tahu ternyata antara segi tumpang dan sambel lethok berbeda. Jadi rasanya kurang afdol jika anda berkunjung di Kabupaten Boyolali tidak mencoba makanan has yang satu ini, Sambel lethok mungkin dapat anda jumpai di kediri atau kabupaten lain di wilayah nusantara ini tetapi rasanya tentu lain, hal inilah yang menjadi kekhasan Sambel Lethok Boyolali.Sambel Lethok ini orang kediri menyebutnya dengan sambel tumpang, sama-sama berbahan dasar tempe busuk tetapi dengan rasa yang berbeda.

Sambel lethok ini adalah perpaduan antara tahu dan tempe busuk dengan tambahan beberapa bumbu pelengkap membuat sambel lethok ini menjadi santapan nikmat yang memiliki aroma khas yang akan membuat selera makan kita menjadi bertambah. Sambel lethok sangatlah nikmat disajikan dengan tambahan sayur adas, toge, cenil dan tentunya dengan nasi yang hangat atau panas atau bahkan bubur panas dan segelas teh hangat. Terbayang kan bagaimana nikmatnya ditambah cuaca dingin yang saat ini sedang berlangsung. Untuk anda yang mau coba membuat sendiri silahkan lihat resep lengkapnya disini.

Jika anda sedang berada di boyolali anda bisa meluncur ke daerah timur terminal boyolali tepatnya di depan sebuah KUD, disana terdapat sebuah warung yang menyediakan menu makanan ini dan disini juga menyediakan susu segar yang sangat khas boyolali. Selain disana anda juga bisa ke sebuah warung yang terletak di daerah jl tentara pelajar kota boyolali tepatnya di dekat perempatan, di warung ini juga menyediakan sambel lethok yang konon sudah sangat melegenda di boyolali.

Jadi buat anda yang sedang mau liburan ke borobudur melewati boyolali rasanya tidak ada salahnya anda mempir sejenak untuk menikmati makanan yang satu ini dan jangan lupa pula menikmati jadah bakar yang ada di selo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share To