Rabu, 05 Desember 2012

Jelajah Pantai Gunung Kidul DIY

Untitled Document

2._Pemandangan_Menjelang_Sore_di_Pantai_Baron.jpg 

Dari Pantai Nguyahan dan Ngobaran, perjalanan dilanjutkan ke arah timur menuju Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Sampailah langkah kaki di Pantai Baron, pantai pertama dari deretan pantai-pantai di kawasan tengah pesisir Gunung Kidul. Pantai baron adalah pantai yang berbentuk teluk dengan dibatasi dua bukit karang sebagai pemecah ombak lautan. Kondisi geografis inilah yang membuat pantai ini lebih aman digunakan sebagai pelabuhan bagi nelayan pencari ikan. Di sisi sebelah barat yang berbatasan dengan bukit karang, terdapat aliran air tawar yang langsung bertemu dengan lautan. Bebatuan karst menjadi pembatas alami yang menjaga air tanah tetap berasa tawar sekalipun sumber airnya berada sangat dekat dengan lautan.

3._Perahu_Perahu_Nelayan_di_Pantai_Baron.jpg   

Perahu-perahu nelayan di pantai Baron 

Memasuki kawasan pantai Baron, akan disambut dengan sederetan warung-warung makan dan penjual makanan kecil khas pinggiran pantai. Di pantainya yang berpasir putih tersebut, tampak puluhan perahu-perahu nelayan dan tumpukan jaring-jaring penangkap ikan. Bila mengunjungi pantai Baron di pagi hari, wisatawan dapat melihat aktivitas nelayan yang baru pulang dari lautan bersama aneka tangkapan mereka. Berinteraksi dengan mereka dengan ikut membantu mengangkat perahu ke bibir pantai, menarik jaring atau membantu membawa ikan ke daratan, bisa menjadi sebuah pengalaman wisata unik yang mengasyikan. Menjelang siang ketika perahu sudah mulai disandarkan, aktivitas nelayan banyak diisi dengan memperbaiki jaring penangkap ikan. Keramaianpun beralih ke tempat pelelangan ikan serta sentra penjualan olahan hasil laut, yang siap memanjakan perut para pencinta wisata kuliner di pantai Baron.

4._Suasana_Pasar_Ikan_di_Pantai_Baron.jpg 

 Suasana pasar ikan di pantai Baron 

Tangkapan nelayan pantai Baron berupa ikan, lobster, kepiting, udang, kerang cumi-cumi, bisa dibeli dalam keadaan mentah atau dimasak langsung untuk dimakan disana. Jenis ikan yang dijual disini beraneka ragam, diantaranya ada tuna, bawal, cucut, tongkol, cakalang dan hiu kecil, yang kesemuanya dijual secara fresh dengan harga yang relatif murah. Selain ikan, kepiting dan lobster menjadi favorit pencinta kuliner di pantai Baron. Lobster ukuran besar yang jarang bisa ditemukan di warung-warung sea food diperkotaan, disini hanya dijual Rp 150.000-200.000 per 1 kilogram-nya. Setelah selesai memilih ikan dan hasil laut lainnya, bahan-bahan tersebut bisa langsung dimasak dan dihidangkan di warung-warung yang terletak di pinggiran pantai. Berbagai macam jenis olahan disediakan sebagai aternatif menu sesuai piilihan dan selera pembeli. Aneka hasil laut tersebut bisa dimasak dengan bumbu asam manis, saus tiram, rica-rica, atau sekedar dibakar dan digoreng saja. Warung-warung tersebut juga menyediakan menu-menu pelengkapnya seperti nasi, lalapan, cha sayuran dan aneka jenis sambal. Pusat olahan hasil laut pantai Baron juga menyediakan aneka makanan kecil seperti, peyek jingking, keripik rumput laut, udang goreng tepung dan rajungan tepung yang sangat cocok sebagai kudapan atau bisa juga sebagai oleh-oleh.

Pantai Baron menawarkan keindahan suasana pantai secara lengkap. Dari keindahan bentangan alam, keramahan penduduk, aktivitas nelayan serta lezatnya kuliner hasil lautnya, bisa dinikmati kesemuanya di satu tempat. Setelah mata dan lidah sudah dimanjakan, saat melanjutkan perjalanan menyusuri pantai-pantai lainya di sepanjang pesisir Gunung Kidul. Salam Kratonpedia.

5._Ikan_Ikan_Segar__Langsung_dari_Lautan.jpg 

 Ikan-ikan segar, langsung dari lautan

6._Lobster_Segar.jpg 

 Lobster segar 

7._Ikan_Tongkol_Goreng.jpg   

Ikan tongkol goreng

8._Rajungan_Goreng_Tepung.jpg 

 Rajungan goreng tepung

10._Bisa_juga_langsung_dibakar_sendiri_di_tepi_Pantai.jpg 

 Bisa juga langsung dibakar sendiri di tepi pantai 

9._Setelah_memilih_ikan__dimasak_dan_langsung_dinikmati_di_warung_pinggir_pantai.jpg 

 Menikmati kelezatan aneka olahan ikan di warung pinggir pantai Baron, sehat dan menyenangkan 

(teks dan foto: Stefanus Ajie/Kratonpedia) 

sumber : kratonpedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share To